Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Tips & Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Konten [Tampil]

Tips & Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Gambar.1. Pexels-Leah Kelley

Berdasarkan komponen subtes SNBT, Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU) merupakan subtes yang menguji kemampuan memahami dan mengkomunikasikan pengetahuan dan pemahaman umum yang dianggap penting dalam keterampilan berbahasa, penggunaan kata, dan keluasan serta kedalaman pengetahuan umum. 


Termasuk dalam kemampuan ini untuk mengetahui pengetahuan praktis seseorang tentang bahasa, informasi, dan konsep yang berbasis verbal dan kebahasaan. 


Tes pengetahuan ini sebenarnya lebih menguji ke arah kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (Reading Comprehension). 


Reading Comprehension

Reading Comprehension yaitu kemampuan dalam memahami apa yang dimaksud penulis sampaikan dalam teks, lalu membuat makna dan pemahaman bacaan sendiri. 


Melalui Reading Comprehension perlahan-lahan kamu mampu memahaminya dengan baik dengan menulis ulang teks tersebut sesuai dengan pemahamanmu.


Dalam Pengetahuan dan Pemahaman Umum, ada skill membaca yang akan diujikan, seperti:


  • Mengetahui arti kata berdasarkan konteks penggunaan

  • Memahami dengan baik informasi yang disampaikan secara tersirat

  • Mengerti konteks dari bahasa yang digunakan

  • Menyimpulkan secara garis besar dan informasi penting dari teks


Di dalam UTBK nanti, Reading Comprehension akan memiliki manfaat yang penting dalam dunia perkuliahan. Makanya UTBK membuat tes ini berdasarkan kemampuan yang akan dihadapi nantinya sesudah tes ini selesai.

 

Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Hampir keseluruhan materi PPU ini adalah bacaan, hampir sama seperti KMBM ( Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis ) hanya saja dari subtes ini (PPU) akan memfokuskan pemahamanmu terhadap suatu teks dan bertujuan menguji kemampuan dalam membaca secara garis besar untuk menyimpulkan suatu teks.


Soal Tes Potensi Skolastik (TPS), PPU yaitu ada dua kebahasaan:

  • Bahasa Indonesia

    • Ide Pokok

    • Kelebihan dan kelemahan dalam Paragraf

    • Kesimpulan

    • Makna kata

    • Hubungan antar paragraf

    • Sinonim

  • Bahasa Inggris

    • Comprehending 

    • Main Ideas 

    • Topic 

    • Sentence Relation 

    • Author-Related Question 

    • Synonym

Tips Memahami Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Gambar 2. Pexels-an-h


Ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk kamu, agar lebih bisa memahami materi PPU ini.




Baca Juga: Prospek Jurusan Desain Komunikasi Visual

  1. Sering Baca 

Dengan banyak membaca, kemampuan kalian untuk menjawab pertanyaan bisa lebih cepat, karena seringnya kamu membaca semakin kuat juga kemampuan membaca kamu. 


Dari mulai banyak membaca, kamu bisa menjadi membiasakan diri dengan tata bahasa, struktur bacaan dengan jelas, dan memiliki kosakata yang luas. 


  1. Fokus Membaca Secara Aktif

Ketika membaca hindari membaca sekilas, mulailah dengan fokus terlebih dahulu, tidak usah panik, pahami dengan santai. Lalu coba baca secara aktif di sini.


  • Memetakan pernyataan

Pahami setiap teks di dalam paragraf, lalu ketahui di bagian mana masing-masing peran kalimat tersebut, misalnya kamu membaca pernyataan logis seperti:


(1)Kemarin aku nyoba minuman rasa coklat dan ternyata pahit. (2) Rasa coklat pahit karena tidak menambahkan gula di dalamnya. (3) Makanya, minuman rasa coklat itu pahit.

 
Kalimat-kalimat di atas bisa diubah dan susun menjadi:

Kalimat (1) dan (2) digabung untuk mendukung kalimat (3). (1) dan (2) adalah kalimat penjelas untuk kalimat (3). 


Dengan memetakan kalimat, kamu bisa memahami teks dengan lebih baik. Jadikan setiap kalimat memiliki perannya masing-masing untuk membuat sebuah kalimat yang padu. 


  • Parafrase

Memahami peletakan parafrase dapat membuat membaca juga lebih efektif. Parafrase adalah mengungkapkan kembali sebuah pernyataan dan mengubah makna dari pernyataan tersebut. Contoh kalimatnya, seperti:


Menerapkan sistem pembelajaran juga dapat diterapkan untuk meningkatkan kepintaran diri guna kepentingan pemecahan masalah secara langsung maupun tidak langsung yang bisa terjadi di dunia pendidikan dan di mana-mana.”


bisa diubah parafrasenya ke, “Luas di berbagai hal, seperti meningkatkan kepintaran dalam menerapi sistem pembelajaran guna kepentingan pemecahan secara langsung maupun tidak secara langsung. “


Sebenarnya ada banyak pilihan pernyataan yang sesuai untuk mengubah ke kata parafrase dari kalimat yang eksplisit. 


  • Pahami grammar

Grammar cukup penting untuk dipahami, yang di mana nantinya akan ada soal yang memerlukan pemahaman grammar yang akurat.



  1. Baca Soal Terlebih Dahulu

Simpel, tapi cukup krusial. Di waktu ujian ini adalah hal simpel dan normal untuk dilakukan, karena ujian itu sempit, waktu juga  mengejar. 


Di mana-mana membaca soal terlebih dahulu baru ke teks soal. Karena misalkan, membaca teks terlebih dahulu dan ketika pada saat membaca soalnya, ternyata soal agak sulit untuk dicermati ke dalam teks, pada akhirnya, harus membaca teks untuk kedua kalinya. Nah, jangan sampai seperti itu.


Baca Juga: Prospek Kerja Jurusan Desain Produk



Comments