Featured
- Get link
- X
- Other Apps
PENALARAN KUANTITATIF - TES SIMULASI 2024
Soal Penalaran Kuantitatif, Tes Simulasi UTBK 2024
Gambar.1. Pexels-rdne stock project
Apa itu Penalaran?
Penalaran merupakan pemikiran secara logis yang bersifat fakta dan bisa dinalar, tetapi bukan menggunakan perasaan dan pengalaman. Penalaran juga bisa diterapi atau dikembangi untuk memperkuat daya pikir logika, tujuannya dengan berpikir nalar bisa untuk memecahkan masalah dengan menggunakan logika.
Pengujian nalar bisa dilakukan di mana saja, ada juga yang diujikan seperti mengikuti ujian/tes yang memang bisa mengetahui ukuran seberapa jauh dan penilaian yang dijangkau. Nama tes tersebut adalah Tes Potensi Skolastik. Tes Potensi Skolastik memiliki tujuh subtes yang akan diujikan, salah satunya Penalaran Umum.
Penalaran Umum dibagi menjadi tiga, yaitu Penalaran Induktif, Penalaran Deduktif, dan Penalaran Kuantitatif, yang kita bahas di sini ialah materi Penalaran Kuantitatif.
Penalaran Kuantitatif merupakan salah satu kategori yang ada di Penalaran Umum, hanya saja penalaran kuantitatif berfokus pada perhitungan pemecahan matematika.
Pemecahan matematika di dalam penalaran kuantitatif hanya mengerjakan perhitungan matematika-matematika dasar, sehingga tidak perlu menghafal rumus-rumus berat atau rumit.
Contoh Soal Penalaran Kuantitatif
Contohnya bisa dilihat di bawah ini:Soal 1
Soal 2
Berdasarkan data di atas, tahun keberapa Toko P memperoleh persentase keuntungan terbesar?
Soal 3
Pembahasan Soal
Soal 1.
Diketahui:
Akademik: 60%
Keaktifan: 40%
Gunakan cara perkalian simple:
Akademik: [Bobot persen akademik%] [Bobot nilai akademik]
Keaktifan: [Bobot persen keaktifan%] [Bobot nilai keaktifan]
Siswa P:
Akademik : 601009=540100=54
Keaktifan : 401008=320100=32
=54+32
=86
Siswa Q:
Akademik : 601007=420100=42
Keaktifan : 4010010=400100=40
=42+40
=82
Siswa R
Akademik : 601009=540100=54
Keaktifan : 401009=360100=36
=54+36
=90
Siswa S
Akademik : 6010010=600100=60
Keaktifan : 401008=320100=32
=60+32
=92
Siswa T
Akademik : 601008=480100=48
Keaktifan : 401009=360100=36
=48+36
=84
Jadi, siswa yang paling berprestasi adalah Siswa S dengan nilai 92.
Soal 2.
Gunakan rumus Persentase Keuntungan:
Persentase keuntungan = [(Pendapatan-Modal)/Modal]*100% (Modal terkecil)
Diketahui:
Tahun ke-1:
Modal: 5
Pendapatan: 15
= 15-5
= 10105=2
Tahun ke-2:
Modal: 10
Pendapatan: 20
= 20-10
= 101010=1
Tahun ke-3:
Modal: 10
Pendapatan: 25
= 25-10
= 151510=32
Tahun ke-4:
Modal:15
Pendapatan 20
= 20-15
= 5515
Tahun ke-5:
Modal: 20
Pendapatan: 15
= 15-20
= -5-520
Soal 3.
Angka pengunjung hari ke-6?
Jumlah siswa perempuan yang mengunjungi perpustakaan: 5 hari berturut-turut secara konstan.
=16,19,24,27,32, ...=32+3=35
= +3,+5,+3,+5,+3
Jumlah siswa laki-laki yang mengunjungi perpustakaan : 5 hari berturut-turut secara konstan
=8, 8, 9, 11, 14, … = 14+4=18
=+0,+1,+2,+3,+4
Jadi, pengunjung perpustakaan di hari ke-6 ialah, 35 dan 18.
Baca Juga: Apa itu Tes Potensi Skolastik?
- Get link
- X
- Other Apps
Popular Posts
Tips & Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum
- Get link
- X
- Other Apps
Kemampuan Penalaran Umum: Negasi, Konjungsi, Disjungsi, Implikasi, dan Biimplikasi
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment