Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Rekomendasi Perguruan Tinggi yang Menyediakan Program Arsitektur di Bandung

Konten [Tampil]

Rekomendasi Perguruan Tinggi yang Menyediakan Program Arsitektur di Bandung


Pengertian Arsitek

Gambar.1. Pexel-Thirdman

Bangunan, perangkat, serta isinya merupakan desain bangunan yang dibentuk dengan perencanaan, membangun membutuhkan sebuah perencanaan seperti rumus, bentukan garis dan titik, serta bidang. Arsitek merupakan sebuah profesi yang membangun dan merancang desain berbagai unsur-unsur bangunan, menjadi seorang arsitek perlu mampu menguasai berbagai bidang dalam seni.

Arsitek juga bertanggung jawab atas keselamatan para penghuni bangunan, arsitek juga berhubungan dengan teknik karena mereka harus memperhatikan unsur fungsional, keamanan, keselamatan serta kesejahteraan bangunan tersebut sehingga bisa menghasilkan rumah atau bangunan lain yang nyaman dihuni oleh para pelanggan.


Tanggung Jawab Seorang Arsitek

Gambar. 2. Pexel-Pixabay


Arsitek juga memiliki sebuah tanggung jawab untuk dilakukan, agar semua kendali dari profesi tersebut bisa teratasi dengan baik.


  1. Membuat Konsep Rancangan

Tahap ini merupakan tahap awal untuk seorang arsitek yaitu, dengan memahami berbagai data yang diberikan dan memastikan pengguna jasa terkait sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Kemudiain menganalisis data dan informasi tersebut ke dalam pembuatan perancangan


  1. Pra-rancangan

Menyusun pola dengan nilai fungsional dan membentuk bangunan dalam bentuk gambar. Membentuk sebuah diagram dan merangkum perkiraan luas bangunan, bahan yang dibutuhkan, sistem konstruksi, biaya, dan waktu pembangunan.


  1. Mengembangkan Rancangan

Setelah itu dalam tahap ini, arsitek akan membuat rancangan yang lebih mendetail, mengenai sistem konstruksi, struktur bangunan, bahan bangunan, dan perkiraan biaya konstruksi.


  1. Pembuatan Konsep Gambar Kerja

Menerjemahkan rancangan kerja yang dibuat ke dalam bentuk gambar dan menyajikan dokumen, serta persyaratan yang jelas.


  1. Proses Pelaksanaan Konstruksi 

Dalam tahapan ini perlu menyediakan dua bagian, yaitu penyiapan dokumen pengadaan pelaksana konstruksi dan pelelangan. 

Format yang didukung sebagai penyerahan dalam bentuk RAB (Rancangan Anggaran Biaya) & Daftar Volume ( Bill of Quantity (BQ)), lalu yang kedua membantu klien dalam melaksanakan pelelangan.


  1. Mengawasi Secara Berkala

Tahap yang melakukan pengawasan dan peninjauan di lapangan dan mengadakan pertemuan dengan klien dan Pelaksana Pengawasan Terpadu.



Jenis-Jenis Arsitek

Gambar. 3. Pexel-andrea-paicquiado


Apabila Kamu ingin menjadi seorang arsitek, sebaiknya ketahui jenis-jenis nya terlebih dahulu, karena bentukan setiap jenis bangunan akan menentukan hasil prospek yang bagus. Berikut jenis-jenis bangunan arsitek, yaitu:


  1. Arsitek Rumah Tinggal

Beberapa lingkungan perumahan membutuhkan kestandaran estetika di setiap detail rumah. Di sini arsitektur akan berdiskusi mengenai bentukan rumah yang sesuai dengan keinginan klien, penyimpulan konsep, desain awal, gambar kerja dan pengawasan pembangunan. 


  1. Arsitek Bangunan Komersial

Sebuah bangunan komersial yang mampu menampung berbagai pengunjung dengan estetika arsitek dan keseluruhan tempat memiliki benda dengan nilai harga jual yang optimal. Sebagai contoh,  desain pusat perbelanjaan yang berhasil haruslah mengarahkan konsumennya agar mendapatkan semua kebutuhan mereka dengan mudah.  Keahlian desain arsitek bangunan komersial harus didukung keahlian di bidang lain, seperti: konstruksi, mekanikal elektrikal, dan yang pasti kemampuan artistik untuk menarik perhatian pengunjung.


  1. Desainer Interior

Merancang sebuah interior dengan memperindah sebuah interior. Setiap arsitek perlu pengetahuan dengan keahlian khusus tentang pemasangan pada desain bangunan untuk setiap detailnya.


  1. Arsitek Kawasan Industri 

Seorang arsitek harus mengetahui setiap proses industri yang akan berlangsung di bangunan yang dirancangnya. Mulai dari proses bahan baku, persiapan produksi, pemrosesan, sampai tahap pengemasan dan pengiriman barang. Bangunan yang dirancang harus berfungsi, didesain dengan tahapan yang tepat sasaran.



Jurusan Arsitek di Jawa Barat

Sekarang kita kembali ke topik utama kita. Jurusan yang menyediakan Arsitektur di se-Jawa Barat, yaitu: :


  1. Institut Teknologi Bandung (ITB) 

Siapa sih, calon mahasiswa yang enggak tahu ITB ini, hampir semua pelajar di Bandung ingin masuk ke kampus negeri teknik dan sains ini, termasuk arsitektur. Kampus ini merupakan kampus teknik yang berdiri pada tahun 1920 dengan nama De Technische Hoogeschool te Bandung. 

Kualitas SAPPK (Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan) ITB memang sangat bagus dengan berbagai program sarjana:


  • Arsitektur (Unggul)

  • Perencanaan Wilayah dan Kota (Unggul) 


  1. Universitas Pendidikan Bandung (UPI) 

Profesi guru-guru yang berkualitas lahir di sini. Tidak perlu khawatir dengan segi kualitas UPI ini, karena memang terbaik. UPI juga menyandang banyak sekali penghargaan sebagai kampus terbaik, yaitu menjadi TOP 201-250 Universitas di Bidang Pendidikan berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University by Subject. 

Dengan memenuhi program sarjana Arsitektur:


  • Arsitektur (A) 


  1. Universitas Kristen Maranatha

Salah satu perguruan tinggi swasta dengan akreditasi Baik Sekali. Universitas Kristen Maranatha menaungi 9 fakultas yang terdiri dari 29 program studi. Fakultas Seni Rupa & Desain (FSRD) mengembangkan materi kurikulum untuk siap menghasilkan lulusan yang memiliki masa depan yang baik:


  • Arsitektur

  • Desain Interior

  • Seni Rupa Murni

  • Desain Komunikasi Visual (DKV) 


  1. Universitas Katolik Parahyangan(Unpar) 

Sampai saat ini Unpar masih tetap di jurusan yang sama, namun jenjang pendidikan nya semakin berjenjang hingga ke doktor dan juga ada pusat studi di Unpar, di antaranya Pusat Studi Manajemen Proyek Konstruksi, Pusat Studi Teknik Transportasi, Pusat Studi Geoteknik, dll. Dengan dua program yang sama, yaitu:


  • Teknik Sipil

  • Arsitektur



  1. Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) 


Itenas menyediakan berbagai fasilitas penunjang di Fakultas Desain, beberapa fasilitas nya antara lain, Ruang Studi Gambar, Ruang Laboratorium Arsitektur Digital, Laboratorium Fisika Bangunan, Laboratorium Struktur, dan Laboratorium Bahan. 


  • Desain Produk (B) 

  • Desain Interior (A) 

  • Desain Komunikasi Visual (A) 

  • Arsitektur (B) 


Nah, itu dia beberapa rekomendasi kampus yang menyediakan jurusan arsitektur di kota Bandung, Bagaimana, ada kampus yang membuatmu tertarik ga.. rekomendasi yang aku cantumin di atas, apa saja rekomendasi yang kamu berikan dan jurusan lain yang ingin dibahas, silakan komentar ya.


Baca juga: Les Gambar Villa Merah Bandung

Comments