Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Tips Belajar Efektif Ala Maudy Ayunda

Konten [Tampil]

 Tips Belajar UTBK Efektif Ala Maudy Ayunda

Gambar.1.  Pinterest-Maudy Ayunda


Ayunda Faza Maudya atau lebih dikenal sebagai Maudy Ayunda seorang artis, model, penyanyi. Seorang wanita yang sukses di dunia hiburan dan juga pendidikan, karena salah satu alumnus dari universitas terkenal, Oxford dan Stanford. Maudy Ayunda sangat menginspirasi para anak muda di tanah air.


Sebagian orang pasti berpikir dan bertanya-tanya, seperti apa metode belajar yang digunakan Maudy Ayunda sampai bisa sesukses itu. 


Ada nih beberapa tips yang bisa dipakai untuk kalian terapkan untuk belajar UTBK dengan metode belajar ala Maudy Ayunda. 


  1. Rajin membaca dan menulis di buku

Membaca buku, menambah wawasanmu. Pemikiranmu sesuai dengan keseharian yang dilakukan, karena kalau sering membaca buku, semua yang dibaca itu akan memproses sebuah memori jangka panjang yang masuk ke dalam otak. Ditambah menulis, menulis bisa membantu meningkatkan memori, karena ada sebuah penelitian, menulis dapat meningkatkan daya ingat lebih kuat dibandingkan mengetik. 


Sama halnya dalam UTBK, menulis dan membaca soal-soal di berbagai pemahaman literasi, bisa dilakukan dengan cara mempelajari materi subtes tersebut, bisa dilakukan dengan cara dibaca maupun ditulis.


" Aku merasa bahwa at the end of the day, banyak yang aku pelajarin dari habit membaca buku. Aku mendapatkan banyak hal dari itu sehingga membuatku jadi seorang yang pemikir dan independen."(Maudy Ayunda)


  1. Sering latihan soal

Saat belajar untuk ujian, Maudy mengatakan tidak semua materi dibaca, tapi yang pertama dilakukan adalah mengerjakan soal-soal latihan yang ada di buku pelajaran, hal ini bertujuan untuk menguji kemampuan diri sebelum mengerjakan ujian sebenarnya.


Dengan cara seperti ini, kamu bisa mengetahui letak ketidakpahamanmu terhadap soal. Ini cukup efektif jadi tidak perlu membuang waktu lebih banyak untuk memahami semua materi, cukup memperdalami materi yang tidak kamu paham.


"Aku langsung tes, dan menurutku melakukan simple tes ini bisa jadi menguji diriku sendiri. aku hanya menghabiskan waktu untuk mengerjakan yang aku masih salah". (Maudy Ayunda)


  1. Memahami konsep soal yang belum dimengerti

Dalam proses belajar baik saat kamu memahami atau membaca pada bagian yang kamu tidak mengerti, dalam hal ini bisa kamu lakukan dengan melakukan sesi tanya jawab dengan rekanmu, agar semua pemahamanmu dalam soal benar-benar diterima dan dipahami dengan baik.


Menurut Maudy, mencari kekurangan dan kelemahan diri dalam proses belajar itu paling efektif, sebab dari hal itu kita dapat punya semangat tinggi untuk bisa berkembang dan memperbaiki dalam proses belajar menjadi lebih baik. Menghafal banyak materi adalah salah satu metode belajar yang kurang efektif, cara belajar yang efektif adalah dengan memahami dan mempelajari konsep materi.


Dalam mempelajari materi UTBK, tidak hanya menghafal, tapi perlu juga adanya pemahaman materi yang dipelajari, serta evaluasi soal-soal dan melakukan latihan soal-soal dari materi yang belum kamu pahami.


Itulah beberapa tips belajar UTBK dari metode belajar ala Maudy Ayunda, semoga dari artikel ini bisa membuat kamu mengetahui cara belajar yang pas untuk kamu. 

Ingat, belajarlah dengan pintar, bukan belajar dengan keras.


Comments