Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Siswi Meraih Skor 1000 di UTBK

Konten [Tampil]

 Siswi Meraih Skor 1000 di UTBK, Lolos Kedokteran UNS


Gambar. 1. Radar Malang-Nadila Nada Zuhayra


Bagaimana perasaan ketika mendapatkan skor atau nilai yang tinggi dalam ujian atau tes? Pastinya akan merasa senang, bukan. Meskipun itu bisa jadi hanya terjadi beberapa kali, kita sepatutnya bangga dengan kemampuan dan hasil yang dilakukan. 


Jarang sekali melihat ada siswa atau siswi yang mendapatkan skor tinggi di dalam tes, apalagi tes nasional seperti UTBK-SNBT. Nah ada nih, salah satu siswa yang meraih nilai UTBK dengan nilai sempurna. Dialah Nadila Nada Zuhayra. 



Nada, siswi berusia 19 tahun meraih skor 1000 di tes Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK), pada tes nasional Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023. Dengan perolehan nilai tersebut, Nada berhasil diterima di Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. 


Pada awalnya Nada tidak termasuk siswa eligible di sekolahnya, mengetahui hal itu membuat Nada minder dengan dirinya sendiri, ”Berarti banyak yang lebih pintar dari saya,” ujar Nada. 

Dia memfokuskan diri dan mengambil sisi positif, hanya perlu 


Dalam tes yang berlokasi di Universitas Brawijaya (UB), Nada mampu meraih nilai 1000 di subtes Pengetahuan Kuantitatif, dikenal termasuk tes yang cukup sulit bagi para pelajar lain. 


Sedangkan di subtes lain, seperti Kemampuan Penalaran Umum meraih skor 780.22, Pengetahuan dan Pemahaman Umum 798.65, Kemampuan memahami Bacaan dan Menulis 682.43, tes Penalaran Matematika 680.56, subtes Literasi dalam Bahasa Indonesia 707.00, dan Literasi Bahasa Inggris 743.30


Usaha dan kerja kerasnya telah terbayarkan dengan diterima di UNS. 


” Bersyukur sekali bisa lolos ke prodi yang menjadi impian saya, selama ini persiapan belajar intensif selama enam bulan sebelum UTBK SNBT pada Mei lalu saya membaca materi dan mengerjakan soal-soal setiap hari, ” ujarnya.


Itulah, seorang siswi yang dapat meraih nilai sempurna di UTBK 2023. 


Comments