Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Materi Umum Penalaran Matematika

Konten [Tampil]

Materi Penalaran Matematika UTBK-SNBT


Gambar.1. Pexels-Max-Fischer


Matematika diartikan sebagai ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan.

Ilmu matematika juga sudah dikenal di kehidupan sehari-hari. Selalu dalam sekolah, kita sering dihadapkan dengan tes matematika dalam soal-soal menghitung, tes tersebut bisa dalam bentuk latihan soal, ulangan materi, ujian akhir sekolah, maupun dalam UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer). 


Nah, ngomong-ngomong soal UTBK, UTBK memiliki beberapa tes yang diujikan. Biasanya UTBK diadakan untuk siswa-siswi kelas 12 yang akan lulus dalam jenjang Menengah Atas/Kejuruan/Aliyah yang akan melakukan seleksi untuk memasuki perguruan tinggi negeri (PTN). 


Dalam UTBK 2023, tes yang diujikan ada dua, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Literasi. Di sini kita akan membahas yang ada di dalam TPS, yaitu Penalaran Matematika. 


Penalaran Matematika sendiri, terbilang cukup sulit untuk dikuasai oleh beberapa calon mahasiswa, karena butuh kecakapan menghitung dan mencari solusi dengan menentukan rumus mana yang akan dibuat dan cocok untuk memecahkan masalah soal tersebut. 


Maka dari itu, kita akan membahas yang ada di Penalaran Matematika. 


Penalaran Matematika itu apa sih, sebenarnya?


Penalaran Matematika (PM), kita sebut saja sebagai PM. PM ini merupakan subtes yang ada di TPS, terdiri dari kategori Potensi Kognitif dan Literasi. PM merupakan sebuah subtes yang mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari- hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.


Proses yang melibatkan literasi matematika memiliki beberapa elemen pendukung seperti prosedur, fakta, dan alat. Elemen-elemen ini dipakai untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan memprediksi fenomena di dalam kehidupan sehari-hari. Individu yang memiliki penalaran matematika cenderung akan mampu membuat keputusan yang tepat berdasarkan didasarkan pada penalaran yang sistematis, analitis dan logis.



Beberapa materi yang diberikan sudah pernah dipelajari pada saat pembelajaran di sekolah, yaitu:


  • Aljabar dan Fungsi

  • Aritmatika

  • Bangun Datar dan Bangun Ruang

  • Bilangan (representasi, sifat urutan, operasi hitung, operasi hitung, pola bilangan)

  • Himpunan

  • Garis dan Sudut

  • Pengukuran dan Geometri

  • Persamaan Garis Lurus

  • Statistika Deskriptif

  • Teori Peluang dan Probabilitas


Beberapa materi memang cukup sulit untuk dipelajari, tetapi bermanfaat untuk menghadapi UTBK.


Ngomong-ngomong, soal Penalaran Matematika bisa kalian coba di Tes Simulasi UTBK soal diberikan untuk para siswa agar bisa merasakan bagaimana melakukan UTBK secara sungguhan.


Itulah penjelasan dan materi Penalaran Matematika yang akan diujikan pada UTBK mendatang. 

Comments