Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Simulasi UTBK-SNBT 2024, Langsung dari Kementerian

Konten [Tampil]

Simulasi UTBK-SNBT 2024, Langsung dari Kementerian


Gambar.1 . Pexel-Zen-Chung

UTBK-SNBT 2024

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 akan digelar pada awal tahun 2024. 

Bagi siswa-siswi lulusan SMA pastinya ini menjadi hal yang sangat penting, terutama yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tidak hanya SMA/SMK saja, bahkan siswa-siswi gap year pun ingin melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), gi TPA, hanya diadakan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja. 


Di sini setiap peserta akan diuji dengan mengerjakan soal yang sudah disediakan, dengan total keseluruhan 155 soal (7 subtes TPS), dan dikerjakan selama 195 menit atau 3 jam 15 menit. 

maka dari itu para calon mahasiswa akan bersaing dan perlu mempersiapkan diri dalam bidang akademik maupun non-akademik. 


Sebelum itu, kalian harus tahu dulu perbedaan dari jalur seleksi rapor dan berbasis tes ini. 

Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) merupakan seleksi non-tes dan hanya menggunakan nilai rapor berdasarkan akademik maupun non-akademik, biasanya dilaksanakan lebih awal. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) berbeda dengan SNBP, SNBT merupakan tes untuk mengukur kemampuan pesertanya. UTBK-SNBT kali ini berbeda dengan tahun 2022 ke bawah dan tidak ada lagi TPA, hanya ada Tes Potensi Skolastik (TPS).


Ada 7 subtes diantaranya yaitu, 4 subtes TPS kognitif ( Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis ) dan 3 Tes Literasi ( Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika ).


Ada baiknya mempelajari materi tersebut dari awal, walaupun UTBK-SNBT masih beberapa bulan ke depan. Nah, salah satu agar kalian para calon mahasiswa yang rajin, baik hati, dan suka menabung untuk mengetahui terlebih dahulu soal-soal yang akan keluar seperti apa di UTBK-SNBT 2024 nanti, dengan ikut simulasi di Simulasi Tes, SNPMB ( https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/ )


Simulasi UTBK-SNBT 2024


Agar pengetahuanmu tentang soal-soal UTBK-SNBT lebih luas, Kamu bisa kerjakan soal-soal simulasi UTBK-SNBT 2023 lalu, soal ini bisa jadikan sebagai referensi dan rencana belajar tambahan Kamu, berikut laman  https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/  dan cara mengikuti simulasi tersebut:


  1. Membuka Link laman SNPMB 


Buka laman web di https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/ untuk memulai simulasi.


  1. Mengisi data diri


Saat halaman pertama muncul, pembuka disuruh untuk mengisi data diri seperti, Nama dan Asal Sekolah. 





  1. Memilih subtes yang ingin dikerjakan


Pilihan subtes terdiri dari: Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif.



  1.  Waktu pengerjaan tes


Setelah terbuka halaman soal, di sudut atas akan terlihat beberapa pilihan soal dan waktu pengerjaan, dengan adanya waktu pengerjaan akan terlihat seperti melakukan UTBK sesungguhnya. 










  1. Pembahasan soal


Setelah semua soal dikerjakan akan terlihat semua hasil jawaban dan pembahasan yang ada di dalamnya.

Simulasi ini dapat dijadikan sebagai evaluasi dan tahu hasil skor yang akan didapat.




Begitulah cara mengakses laman simulasi UTBK-SNBT, teruslah belajar, semangat, dan jangan menyerah.


Baca terus informasi dari website kami dan Kami akan update berbagai info PTN dan Skolastik lainnya. Terima kasih!. 


Comments