Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Materi Umum Kemampuan Bacaan dan Menulis di UTBK-SNBT

Konten [Tampil]

Materi Umum Kemampuan Bacaan dan Menulis di UTBK-SNBT


Sumber: Pexels-cottonbro studio


Pentingnya di dalam Indonesia itu ialah membaca. Membaca di Indonesia merupakan sebuah budaya yang harus selalu diterapkan di mana pun, apalagi dalam literasi, generasi penerus bangsa perlu adanya literasi yang kuat dalam kehidupan sehari-hari, seperti hal nya dalam membaca berita, menulis artikel, dll.


Di sekolah juga pasti diajarkan bagaimana cara menulis dengan baik, dengan membaca setiap hari, mengerjakan tugas sekolah, dan mengikuti tes soal bacaan akan mengetahui dan menguatkan kemampuan kamu dalam membaca.


Ngomong-ngomong soal tes, di dalam tes pastinya ada soal dalam bentuk bacaan, bisa dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.


Dalam UTBK-SNBT ada yang namanya Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (KBM). KBM ini merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. 


Tes UTBK-SNBT kini tidak menerapkan tes mata pelajaran, tetapi hanya tes skolastik yang mengukur empat hal meliputi potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Skema seleksi menjadi lebih dan setiap peserta didik mempunyai kesempatan untuk sukses pada jalur SNBT. 


Soal literasi bahasa Indonesia hampir sama dengan KBM, karena sebagian soal lebih ke arah menjawab soal untuk mencari inti kalimat dari sebuah paragraf, dalam KBM tidak perlu adanya materi yang perlu dipahami, tetapi literasi terhadap bacaan perlu ditingkatkan. Hal ini memudahkan dalam menjawab soal wacana yang cukup panjang.


Dari beberapa materi yang akan ada di Kemampuan memahami Bacaan dan Menulis ini, ada beberapa soal yang perlu dicermati dengan baik, agar tidak terkecoh dalam menjawab soal.









Materi Kemampuan memahami Bacaan dan Menulis, meliputi:

  • Mencari ide pokok

  • Kepaduan wacana

  • Kalimat efektif

  • Ejaan konjungsi

  • Makna kata 

  • Bentuk kata

  • Simpulan


Ada beberapa cara untuk memahami dan mencari pola di berbagai materi di atas. Dengan menguasai materi di atas, akan memudahkan mu dalam menjawab soal. Hal umum yang perlu diinga dalam membaca teks yang panjang, baca soalnya terlebih dahulu lalu menjawab


Comments