Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Kenapa Banyak Siswa Lolos UTBK-SNBT, Tetapi Tidak Melakukan Daftar Ulang

Konten [Tampil]

Kenapa Banyak Siswa Lolos UTBK-SNBT, Tetapi Tidak Melakukan Daftar Ulang 


Gambar.1 .Pexels: SHVETS production


Pada saat memasuki perguruan tinggi negeri (PTN) banyak di antara kita yang lolos ke suatu universitas dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk melanjutkan sekolah di tempat yang berkualitas dan mampu membuat diri setiap orang dapat meraih cita-citanya. 


Di sisi lain ada juga siswa yang tidak mengambil hal tersebut, hal ini terjadi di UTBK-SNBT. UTBK-SNBT merupakan seleksi resmi para siswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya,  Riset, dan Teknologi (Kemendikbud). 


Di tahun 2023 namanya berubah pada saat pergantian penyelenggara yaitu sebelumnya dari LTMPT, diganti menjadi SNPMB, dalam seleksi SNMPTN diubah menjadi SNBP, dan SBMPTN menjadi SNBT.


Sampai saat ini masih ada banyak siswa yang tidak melakukan daftar ulang, sebab, beberapa dari mereka ada yang memilih prodi pilihan yang tidak sesuai dengan minat ataupun bakat mereka, ada juga yang ikut-ikutan dengan orang lain atau( bersama teman ), dan bisa jadi yang keterima adalah pilihan prodi ke dua, lalu pada akhirnya mengikuti kembali di seleksi jalur lain. 


Bukan hanya satu atau dua orang saja yang merasa dirugikan, tetapi banyak. Banyak dari mereka yang gagal masuk PTN hanya karena ada calon mahasiswa yang mengambil seleksi kembali dengan mengurangi atau mempersempit persentase kuota prodi.


Untungnya di tahun 2024 pemerintah mengubah sistem seleksi tersebut. Kemendikbud mengumumkan akan mengubah sistem di mana jalur SNBP dan SNBT tidak dapat lagi mengikuti jalur di mana pun jika calon mahasiswa sudah lolos dan diterima di universitas yang dipilih pada saat seleksi, maupun di jalur Mandiri. Hal ini dilakukan agar para calon mahasiswa yang tidak lolos dapat seleksi tidak merasa dirugikan.


“Siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun. “


“Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023 dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 tidak dapat mendaftar SNBT 2024.”


“Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN manapun. “ Konferensi Pers Peluncuran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru SNPMB PTN Tahun 2024, SNPMB BPPP, Youtube. 


Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ada tips yang harus dilakukan sebelum seleksi dimulai.


Pertama, yang paling utama. Pilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat kamu, hal inilah penyebab tersebut terjadi, agar tidak salah pilihan, pilihlah dengan serius karena kamu akan belajar kurang-lebih selama empat tahun mempelajari prodi tersebut.


Ke dua, cari dan gali lebih dalam informasi terkait prodi yang dipilih, lalu diskusikan dan dapatkan persetujuan dengan orang tuamu.


Lalu, gengsi jangan diutamakan atau ikut-ikutan teman. Sebenarnya tidak apa-apa memilih hal tersebut karena tidak ada larangan apapun, tapi ini menyangkut ke dalam diri kamu, temanmu tidak selalunya bersamamu, yang menentukan hidup kamu adalah kamu sendiri, bukan orang lain. Pada suatu saat, temanmu pasti akan menjadi saingan kamu


Terakhir, rencanakan hal ini dari jauh hari sebelum pendaftaran seleksi dimulai, hal ini dapat memudahkan kamu pada saat meng-input jurusan, jadi tidak perlu berpikir banyak dan mempersiapkan nya secara dadakan.


Kamu adalah kamu, pilihan masa depan ada di tangan kamu. Jangan sia-siakan hal tersebut. 





Comments