Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Sarjana Prodi Desain Interior ITB

Konten [Tampil]

 Sarjana Prodi Desain Interior ITB


Gambar. 1. Pexels-Vecislavas Popa


Jurusan Desain Interior mempelajari tentang perancangan dan perencanaan suatu ruang bangunan. Bagian sisi dalam interior bersifat fungsional, untuk meningkatkan kualitas hidup penghuninya dan sebagai fungsi estetika juga. 


Interior tidak selalu diukur dalam segi mahalnya suatu furniture, yang terpenting adalah kesesuaian, senada dengan konsep huniannya.


Di sini kita akan bicara mengenai prodi Desain Interior yang ada di ITB dan pengetahuan umum dari sebuah Desain Interior. 

Prinsip Penting dari Desain Interior

Pada dasarnya Desain Interior memiliki 4 prinsip yang perlu diterapkan, yaitu keseimbangan, harmoni, tekanan, proporsi, dan skala. 


  1. Keseimbangan


Keseimbangan dari sebuah Desain Interior adalah menciptakan suasana kesetaraan dengan menyamakan sebuah objek dengan objek lainnya.


Keseimbangan tidak hanya didapat dari bentuk saja, melainkan juga warna, tekstur, dan pola, salah satunya simetris/ formal biasanya diaplikasikan pada desain interior tradisional di mana satu sisi mencerminkan sisi lawannya.


  1. Harmoni


Harmoni menciptakan penyampaian sebuah pesan tertentu, yang menggambarkan kenyamanan dan kegembiraan.


Sebagai contoh, Anda dapat menciptakan ruangan agar tampak harmoni dengan menempatkan berbagai elemen dengan satu jenis warna saja. 


  1. Tekanan


Memonotonkan sebuah elemen tekanan, lalu mengubah tampilan ruangan dengan pemberian aksen yang dapat menjadi daya tarik ruangan.


Dengan menciptakan titik fokus sendiri dengan menempatkan furniture serta dekorasi ruangan yang ada di dalam ruangan dengan baik.


  1. Proporsi dan Skala


Proporsi merupakan bagian elemen yang menyatu dengan elemen lainnya, lalu skala merupakan sebuah objeknya. 


Perbandingan ukuran bagian yang lebih kecil ke bagian yang lebih besar sebaiknya sama dengan perbandingan ukuran dari bagian yang lebih besar ke keseluruhan.




Prodi Sarjana Desain Interior

Di sini program pembelajaran di ITB memiliki berbagai tujuan, menelusuri bidang kajian, memiliki prospek kerja bagi Mahasiswa.



Tujuan FSRD-Desain Interior ITB


Prodi Desain Interior bertujuan membekali mahasiswa dengan 

keterampian dan multidisiplin yang menggabungkan kreativitas, keahlian teknis dan pemahaman mendalam tentang perilaku manusia dengan mengubahnya menjadi lingkungan yang fungsional, estetis, berkelanjutan dan bermakna. 



Bidang Kajian 

BIdang kajian desain interior di ITB:


  1. Prinsip Desain

Memperkenalkan pembelajaran penggunaan teori warna, komposisi, bentuk, dan ruang, sehingga dapat menerapkannya untuk menciptakan interior yang menarik secara visual.


  1. Perencanaan Ruang

Bidang  ini berfokus pada pemahaman persyaratan fungsional ruang yang berbeda dan cara mengoptimalkannya yang digunakan dalam desain interior, serta menganalisis sebuah ruang


  1. Material dan Finishing

Bidang ini mencakup berbagai bahan dan material dalam desain interior, termasuk sifat, karakteristik, dan aplikasinya, serta belajar mengenai  hasil akhir/finishing yang berbeda dan bagaimana memilih bahan serta material yang sesuai untuk konteks desain yang berbeda.


  1. Sistem Bangunan

Mempelajari dasar-dasar sistem bangunan dalam pencahayaan, pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC) dan sistem kelistrikan dan belajar bagaimana mengintegrasikan sistem ini ke dalam rencana desain mereka untuk memastikan kenyamanan, fungsionalitas, dan efisiensi energi. 




  1. Perangkat Lunak Desain

Bidang ini mencakup pelatihan perangkat perangkat lunak desain yang biasa digunakan di industri, seperti perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD), program pemodelan 3D (Sketchup, dll) dan  teknologi digital cerdas (BIM,DIGITAL TWIN,VR,AR).  


  1. Proyek Studio Desain

Melakukan kunjungan langsung ke lapangan, dan juga bisa kerja praktek langsung di konsultan desain interior untuk menerapkan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan desain dengan mengerjakan berbagai tantangan desain interior di dunia nyata.


Prospek Kerja

Peluang kerja Desain Interior cukup luas, bisa tergabung dalam perusahaan dengan menjadi teknisi interior, bekerja di BUMN pada jasa konstruksi. 


  1. Desainer Interior

  2. Konsultan, Kontraktor, dan Developer Arsitektur dan Desain Interior 

  3. Pengambil Keputusan Pemerintah-Publik

  4. Desainer Interior untuk rumah, kantor, rumah sakit, hotel, sekolah, dll.

  5. Spesialis Desainer Interior (pencahayaan, akustik, dll.)

  6. Desainer Pameran

  7. Furniture Designer

  8. Pedagang Visual

  9. Pengusaha

  10. Peneliti. dll.
















Sumber: 

https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-desain-interior\

https://www.rumah.com/panduan-properti/interior-64862

E-Book SRD


Comments