Skip to main content

Featured

Pemahaman Dasar Pengetahuan dan Pemahaman Umum

  Ada banyak materi yang ada di dalam materi UTBK tahun ini. Materi kali ini berbeda dengan materi tahun lalu (2022, 2021, ...). Karena, materi kali ini akan memfokuskan ke arah yang lebih menggunakan penalaran dan berpikir secara logika. Di sini akan menjelaskan materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum(PPU).   Bagaimana pemahaman dasar materi PPU ini? Kamu harus tau dulu PPU itu apa?  Pengetahuan dan Pemahaman Umum merupakan kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita. Artinya, materi ini fokus terhadap bacaan dan menulis.  Bacaan dan menulis itu berbagai macam, ada yang menulis menggunakan aspek literasi, struktur bahasa, perhitungan cerita bahasa, dsb. PPU memperhitungkan cukup bany

Materi Umum Penalaran Umum UTBK-SNBT, Pengertian, Contoh Soal, dan Materi

Konten [Tampil]

 Materi Umum Penalaran Umum UTBK-SNBT, Pengertian, Contoh Soal, dan Materi 

Gambar. 1. Pexels-Startup Stuck Photos


Untuk siswa-siswi kelas 12 tentunya sudah pada tau dong, apa itu tes potensi skolastik? Bagi yang belum tau Tes Potensi Skolastik merupakan tes yang mengukur kemampuan kognitif para siswa untuk memecahkan masalah dengan menggunakan penalaran secara logika. 

Pengertian Penalaran Umum

TPS memiliki 7 subtes utama yang akan diujikan pada saat UTBK berlangsung, salah satunya subtes nya itu adalah Penalaran Umum. Namanya juga “penalaran” berarti kita dituntut untuk memecahkan masalah-masalah baru yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dipelajari sebelumnya yaitu menggunakan logika nalar. 


Pengujian ini dilakukan agar para siswa dapat memecahkan masalah dengan berpikir secara nalar induktif, kebahasaan deduktif, dan penggunaan angka-angka dengan penalaran kuantitatif.

Tiga Kategori Penalaran Umum

Gambar. 2. Pexels-Ksenia Chernaya


PU.memiliki beberapa kategori soal yang berbeda dengan dibagi menjadi tiga kategori, yakni Penalaran Induktif, Penalaran Deduktif, dan Penalaran Kuantitatif. Kita mulai dari Penalaran Induktif terlebih dahulu.


Penalaran Induktif merupakan jenis penalaran yang mencari kesimpulan dengan mengumpulkan bukti-bukti atau fakta khusus, lalu menggunakan data tersebut untuk membuat kalimat pernyataan baru atau simpulan.


Kalau di dalam Penalaran Deduktif, yaitu mengukur kemampuan siswa dengan metode berpikir untuk mencapai sebuah kesimpulan yang pasti logis dan berdasarkan premis atau asumsi yang sudah ada, kemudian menggunakan logika untuk mencapai sebuah kesimpulan yang bersifat spesifik.


Dan yang terakhir di dalam PU yaitu, Penalaran Kuantitatif. Yap, matematika di dalam PU. 

Penalaran Kuantitatif sendiri berpikir menggunakan kemampuan penggunaan angka yang melibatkan kuantitas, hubungan matematika sederhana, penggunaan operasi matematika perhitungan sederhana, seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Materi yang akan keluar di Penalaran Umum

Setiap kategori juga memiliki materinya tersendiri, di setiap materi yang diujikan dari secara verbal penalaran umum, matematis, logika hingga pola gambar. 


Penalaran Induktif:

  • Kesesuaian pernyataan 

  • Hubungan sebab-akibat 


Penalaran Deduktif:

  • Penalaran analitik 

  • Simpulan logis




Penalaran Kuantitatif:

  • Aritmatika dasar ( Perhitungan penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian )

  • Kuantitas


Materi-materi di atas kemungkinan akan ada beberapa yang muncul, tetapi yang akan muncul pasti di antara materi tersebut.

Contoh Soal Materi Penalaran Umum

Setelah membaca materi di atas pastinya ada beberapa soal yang menyerupai dari materi tersebut, salah satunya hasil gambar yang kudapatkan dari Tes Simulasi TPS resmi dari Kemendikbud


Penalaran Induktif - Kesesuaian Pernyataan

Gambar. 3. Tes Simulasi UTBK-SNBT 2024-Penalaran Umum


Penalaran Deduktif - Penalaran analitik

Gambar. 4. Tes Simulasi UTBK-SNBT 2024-Penalaran Umum

Penalaran Kuantitatif - Aritmatika:

Gambar. 5. Tes Simulasi UTBK-SNBT 2024-Penalaran Umum



Itulah beberapa materi yang akan muncul di UTBK-SNBT mendatang, persiapkan diri kamu dengan baik, teruslah berusaha dan belajar, agar keinginanmu untuk masuk ke perguruan tinggi negeri impian bisa tercapai.




















Sumber:

https://mediaindonesia.com/humaniora/615693/pengertian-penalaran-induktif-dan-deduktif-dan-contohnya

https://framework-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/

https://www.zenius.net/blog/persiapan-belajar-tps-utbk-penalaran-umum


Comments